
Lokakarya Kurikulum Teknik Kimia Universitas Malikussaleh: Menyongsong Era Industri 4.0 dan Society 5.0
Pada tahun 2024, Program Studi Teknik Kimia Universitas Malikussaleh menggelar Lokakarya Kurikulum dengan tema:
"Inovasi dan Kontribusi Kurikulum Teknik Kimia Berbasis Outcome-Based Education dalam Era Industri 4.0 dan Society 5.0 Menuju Akreditasi Unggul"
📅 Tanggal dan Waktu:
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 November 2024.
🎙️ Pembicara:
Lokakarya ini menghadirkan dua narasumber utama:
- Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng.
Guru Besar Teknik Kimia dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). - Dr. Maya Sari, M.T.
Dosen Teknik Kimia Universitas Malikussaleh.
🏛️ Tujuan dan Fokus Kegiatan:
Lokakarya ini bertujuan untuk:
- Menganalisis dan mengevaluasi kurikulum Teknik Kimia yang ada.
- Mengintegrasikan prinsip Outcome-Based Education (OBE) untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
- Mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di era Industri 4.0 dan Society 5.0.
Kegiatan ini juga menjadi langkah strategis dalam upaya mencapai akreditasi unggul bagi Program Studi Teknik Kimia Universitas Malikussaleh.
📍 Lokasi:
Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh.
📝 Penutup:
Dengan adanya lokakarya ini, diharapkan Program Studi Teknik Kimia Universitas Malikussaleh dapat terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
💬 Komentar dari Dr. Lukman Hakim, S.T., M.Eng, Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Malikussaleh:
"Lokakarya ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Teknik Kimia Universitas Malikussaleh. Melalui pendekatan Outcome-Based Education (OBE), kami berupaya untuk memastikan bahwa kurikulum yang kami terapkan benar-benar relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan zaman, khususnya dalam menghadapi tantangan Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam upaya meraih akreditasi unggul bagi jurusan kami."