PT. Pertamina Hulu Energi, Sponsor Utama Kuliah Umum Teknik Kimia Unimal 2016

bahruddinCunda|16 Oktober 2016|PT. Pertamina Hulu Energi, Sponsor Utama Kuliah Umum Teknik Kimia Unimal 2016 bersama Dr. Ir. Bahruddin, M.T.

Kuliah umum ini adalah kali ke 4 dilaksanakan di Teknik Kimia Unimal. Tema yang diangkat adalah Pengantar Teknologi Pengolahan Karet. Sebagai pembicara dalam kuliah umum kali ini Dr. Ir. Baharuddin, M.T., seorang yang secara khusus mendalami tentang pengolahan karet. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Riau. Tema ini dipilih karena karet ternyata memiliki prospek yang baik bila dikelola dengan baik. Omset perdagangan karet menurut Bahruddin mencapai 30 trilium per tahun.

Sayangnya bisnis ini masih dikuasai oleh mafia. Bahruddin mengajak kita untuk serius dalam bidang ini, karena ternyata bidang ini masih memungkinkan untuk dikembangkan dengan biaya murah di Indonesia. Karet bagian dari Polymer yang langsung diciptakan Allah dalam bentuk polymer atau polymer alam, kalau dulu bila ingin mendapatkan bentuk karet dalam jenis tertentu, yang dikembangkan adalah dari sisi penyusun dan struktur polymernya, hal ini terlalu mahal dan diperlukan pabrik yang besar untuk melakukannya.

Menurut Bahruddin, saat ini yang berkembang adalah modifikasi atau rekayasa filler nya, sering disebut additif nya. Mengolah karet dengan menggunakan filler akan lebih murah dan cepat, sehingga sangat memungkinkan kita di Indonesia mengembangkan ini, sekali lagi karena murah dan tidak membutuhkan pabrik yang besar. Sebagai moderator dari kuliah umum ini adalah Dr. Ir. Nasrun, M.T.

Pencarian